Wireshark adalah sebuah aplikasi yang bisa memonitor jaringan, dengan cara kerja menangkap paket data yang sedang berjalan dan menampilkannya dengan format yang dapat dimengerti oleh user. Di artikel ini saya akan menjelaskan cara sederhana untuk menggunakan dan menjalankan wireshark demi menganalisa trafik jaringan dan juga melakukan pengecekan pada masalah jaringan.
Aplikasi ini juga mempunyai jenis-jenis filter paket data yang akan membedakan jenis paket data yang disaring sesuai keinginan kita. oke mari kita mulai.



Download Wireshark

Wireshark sendiri adalah software open source yang tentu saja gratis untuk di download. Bagi pengguna Windows OS dan Mac OS bisa mendownload disini. Pengguna Linux pada distro Ubuntu juga dapat mendownload pada terminal dengan mengetikkan  sudo apt –get install wireshark atau langsung mendownload di Ubuntu Software Center.

Mengcapture Paket Data

Setelah menginstal Wireshark, kemudian jalankan aplikasinya. klik salah satu sesuai paket data mana yang ingin dimonitor pada kolom capture di bawah interface list.



Sehabis di klik salah satu nama di interface, paket data mulai berjalan disitu berarti ada proses transmisi data yang terjadi dan aplikasi ini sedang merekamnya. Disitu akan terlihat paket data yang keluar masuk di dalam jaringan



Untuk menghentikan pengcapturean, klik stop capture di bagian kiri atas.



Disini akan melihat paket data berwarna hijau biru dan hitam. Aplikasi ini memudahkan user untuk melihat jenis data yang teridentifikasi. Warna hijau itu trafik TCP, biru gelap adalah trafik DNS, biru terang trafik UDP dan yang berwarna hitam adalah paket TCP yang mengalami trouble.


Memfilter Paket Data

Jika Anda ingin menginspeksi hal tertentu, seperti traffic sebuah yang dikirim sebuah program ketika menelpon rumah, Wireshark dapat menutup semua aplikasi lainnya yang menggunakan jaringan sehingga Anda bisa menentukan traffic tertentu itu. Tetapi jika Anda cenderung memiliki jumlah data yang besar untuk diinspeksi, disini Anda bisa menggunakan filter untuk memilah-milah paket data.

Untuk memfilter atau memilah trafik, aplikasi ini juga dapat menutup jaringan yang tidak di inginkan. Hanya dengan mengetikkan jenis paket data apa yang dikhendaki.


Ada menu Display Filter dan Analize untuk membuat filter baru.


Menginspeksi Paket Data

Klik salah satu paket data untuk memilihnya, dan menampilkan detail paket tersebut.



Untuk membuat filter bisa juga dari sini, klik kanan dari salah satu detail,  menu Apply as Filter.


Saya tambahkan sedikit, untuk metode login menggunakan metode POST, sangatlah riskan. Karena dengan aplikasi ini bisa melihat data username dan password yang di inputkan