Jurusan Sistem informasi adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara berfikir sistem, bagaimana menganalisis suatu masalah, dan yang terpenting yaitu bagaimana menerapkan teknologi informasi dalam suatu organisasi khususnya perusahaan agar tercapai tujuannya.

secara teoritis sistem informasi diartikan sebagai sekumpulan hardware, software, brainware, dan aturan yang diorganisasikan untuk , memproses, menganalisis,  menyimpan,  mengumpulkan dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu.

kemampuan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa sistem informasi yaitu
analisis dan berifikir sistem, dimana kita dituntut untuk mengevaluasi fakta-fakta yang ada dan kondisi nyata sebagai dasar untuk mengambil kesimpulan dan keputusan guna membantu organisasi ataupun perusahaan mencapai tujuan tertentu. sedangkan berfikir sistem yaitu suatu persfektif atau sudut pandang terhadap suatu masalah secara sistemik.

pertanyaan yang paling sering ditanyakan orang tentang jurusan sistem informasi:

prospek kerja dan gaji lulusan jurusan sistem informasi apa sih?
apa perbedaan SI dengan Teknik Informatika?
Apa saja yang dipelajari di Jurusan Sistem Infromasi?

untuk maslaah gaji insyallah cukup besar, karena Jurusan Sistem Informasi masuk 5 Besar jurusan dengan gaji terbesar, pada peringkat teratas ada jurusan ekonomi, keperawatan, pelatihan guru dan fisika. (sumber: okezone)

Programmer
Wirausaha dalam bidang IT > Enterpreneur in IT Business
perancang sebuah sistem sebelum dibangun, atau istilahnya mandornya programmer > system analis
perancang sebuah design dari system
auditor sistem informasi > Informating System Auditor
pembangun web lebih spesifik dengan database dan ruang lingkupnnya untuk kepentingan tertentu >

Web Developer
menjadi adminitrasi dari sebuah database
Prospek Kerja dan Gaji SI
memanajeri projek yang berhubungan dengan sistem infomasi > IS Project Manager
konsultan sistem informasi
pembangun web spesifik dari design dan berhubungan dengan seni dan estetika guna untuk membantu perusahaan untuk menjual
produk atau jasanya > Web Designer
dan masih banyak lagi.

Perbedaan SI dengan Informatika adalah SI mempelajari software tapi tidak spesifik jurusan teknik informatika. namun disini SI memang bukan disiapkan untuk menjadi programmer yang handal. tetapi menjadi mandor para programmer. SI bertugas untuk merancang sebuah sistem dan kemudian programmerlah yang bertugas untuk mengeksekusi apa yang telah dirancang oleh seorang system analis. dan saya rasa Prospek Kerja dan Gaji jurusan sistem informasi dibanding IF juga lebih luas

Sistem Informasi mempelajari Pemrograman sama seperti Teknik Informatika namun di jurusan SI tidak sekedar membuat aplikasi saja. tapi membuat aplikasi yang kira-kira dibutuhkan oleh pasar. selain itu di jurusan SI juga mempelajri ilmu Manajemen.

sumber:cerorot.com