Laut dalam dengan pencahayaan nol, tekanan air yang sangat tinggi, dan temperatur mendekati beku, ternyata bisa dihidupi oleh sejumlah spesies ikan. Entah mengapa, ikan-ikan di lingkungan itu bentuknya aneh-aneh. Ada yang disebut ikan 'Iblis' atau ikan 'hantu'. 

Berikut ini beberapa contoh ikan laut dalam yang pernah ditemukan oleh para ahli, baik yang berupa spesimen, dalam kondisi hidup, atau terekam di habitat aslinya. 

Ikan Iblis Laut Hitam

Ini adalah sejenis anglerfish. Ikan anglerfish sangat dikenali dari antena di kepalanya yang berbentuk seperti joran pancing dan ada bola bercahaya di ujungnya. 

Bola kecil ini bercahaya di lautan dalam. Gunanya untuk menarik mangsa.

Ikan jenis ini pernah terekam video di habitatnya di Monterey Canyon, di Teluk Monterey, California. 

Sosoknya pernah muncul dalam film animasi Finding Nemo. Aslinya, wajah anglerfish yang satu ini mengerikan, dengan gigi-gigi yang tajam. 
  
Anglerfish itu direkam pada kedalaman 579 meter dan jenis kelaminnya diperkirakan betina. Beberapa giginya terlihat rusak. Pejantan di jenis ini berukuran lebih kecil dan tak punya antena bercahaya.


Hiu Bergigi Jarum

Hiu ini ditemukan pada kedalaman 1.500 meter di bawah permukaan laut. Bentuknya mengindikasikan ikan ini termasuk fosil hidup. 

Hiu bergigi aneh, bentuknya seperti jarum-jarum, ini pernah ditemukan hidup di perairan dangkal di Jepang pada 21 Januari 2007 oleh seorang nelayan. Kemungkinan ikan itu sakit atau melemah gara-gara air yang hangat.  

Oleh penemunya, ikan itu dipindahkan ke taman laut Awashima di Shizuoka. Tapi ia mati beberapa jam setelah ditangkap. 

Ikan hiu ini pertama kali dideskripsikan oleh ilmuwan Jerman, Ludwig Doderlein, antara 1879 dan 1881. Dia membawa dua spesimen ke Wina. Tapi manuskripnya hilang, sehingga deskripsi pertama soal ikan ini adalah yang ditulis oleh zoologist Amerika, Samuel Garman.



Ikan Aneh Bergigi Kucing

Ikan bernama Latin Coccorella atrata ini hidup di kedalaman 200 sampai 1.000 meter, dengan pencahayaan yang minim sampai tiada sama sekali. Keberadaannya paling dikenali dari gigi-gigi palatine yang besar, bengkok, dan tajam, seperti gigi kucing. 

Ikan ini terbilang predator yang aktif dan mengandalkan visual melalui mata teleskopik untuk menangkap mangsanya, seperti cumi-cumi, cuttlefish, dan ikan-ikan kecil lainnya




Ikan Anglerfish Bungkuk, Ikan Parasit

Ikan bernama latin Melanocetus johnsonii ini termasuk anglerfish. Ikan anglerfish sangat dikenali dari antena di kepalanya yang berbentuk seperti joran pancing dan ada bola bercahaya di ujungnya. 

Tapi ikan anglerfish bungkuk yang satu ini punya perilaku yang unik. Pejantannya lebih kecil dari betina. Ukuran pejantan tak lebih dari 3 centimeter. Sementara betina bisa mencapai 18 centimeter. 

Perilaku pejantan aneh. Ketika masih kecil dia adalah ikan yang berenang bebas untuk mencari makan dan sebagainya. Ketika dewasa, dia malah mengambil posisi permanen di belakang ikan betina, seperti parasit.

Caranya, dia menusukkan giginya yang seperti kait, meminum darah betina dan mengeluarkan spermanya untuk membuahi telur betina

sumber: cnnindonesia.com